Monday, June 23, 2008

<b>Makan dan minum sesuai kebutuhan tubuh</b>

Menjaga keselarasan tubuh bisa dimulai dari apa yang kita makan dan minum. Seperti ajaran Taoisme tentang alam semesta, yang menganut prinsip keteraturan dan keselarasan, yin dan yang. Menjadi sehat dapat dilakukun cukup dengan makan dan minum mengikuti prinsip yin dan yang, serta pola hidup yang mengikuti perjalanan chi.

===

Manusia modern masa kini semakin gandrung dengan perawatan kesehatan tubuh. Tak heran banyak bermunculan produk-produk kesehatan seperti multivitamin termasuk klinik-klinik kesehatan yang menawarkan bermacam metode bagaimana cara menuju sehat. Walaupun untuk menjadi sehat sesungguhnya tak perlu biaya mahal dan metode yang sulit. Karena alam semesta telah menyediakan semuanya, termasuk bagaimana caranya jika ingin menjadi sehat. Menurut dr. William Adi Tedja, TCM, MA dari Klinik Utomo Chinese Medical Center, Jakarta Barat, untuk menjadi sehat cukup dengan pola makan dan minum sesuai kebutuhan tubuh.

<b>Tubuh punyal sinyal alamiah</b>

Bagaimana kita tahu kebutuhan tubuh? Sederhana saja,menurut William, ikuti saja kemauan tubuh saat itu. Karena keinginan atau kemauan saat itu adalah alarm/sinyal alamiah tubuh yang membutuhkan sesuatu. Mau makan atau minum yang bersifat panas atau yang dingin, ikuti saja. Mengapa begitu, karena sifat tubuh manusia terbagi dua juga antara panas(yang) dan dingin (yin). Seperti apa cirinya? Contoh sederhanya manusia yang sifatnya panas (yang) maunya aktif bergerak, gampang marah dan suka di tempat yang dingin. Sedangkan ciri manusia yang sifatnya dingin (yin) akan lebih kalem, suka minum yang hangat-hangat, lebih suka di tempat yang panas (tidak suka berlama-lama di ruangan ber-AC). Nah, ketika makan, lambung pun ada yang sifatnya dingin dan ada yang sifatnya panas. Pada lambung yang sifatnya dingin, makan yang pedas-pedas akan biasa saja, malah seimbang. Lambung yang sifatnya panas, jika makan pedas langsung perutnya terasa enggak enak. Reaksi ini timbul karena tubuh secara alamiah memberi sinyal kalau kebutuhannya sudah terpenuhi atau kelebihan. "Kalau tubuh atau perut sudah terasa enggak enak atau eneg misalnya. Tandanya tubuh minta berhenti asupannya," ujar William. Perasaan tidak enak ini adalah bagian dari proses tubuh untuk menyelaraskan antara yin dan yang. Kalau tubuh sudah merasa enak berarti yin dan yang seimbang.

Makanan bersifat ying (dingin) contohnya sayur mayur dan buah-buahan. Untuk makanan bersifat yang (panas) antara lain daging dan ikan. Sayur dan buah kebanyakan sifatnya dingin. Tetapi jika ingin lebih detil lagi perlu diperhatikan dia tumbuh di mana. Misalkan sayuran itu tumbuhnya di tempat dingin justru sifatnya panas (yang). Untuk hewan sifatnya panas, karena hewan selalu bergerak baik yang hidup di darat ataupun di lautan. Kecuali jika hewan itu saat dipelihara di dalam kandang, sifatnya akan menjadi ying (dingin).

William menegaskan bahwa orang yang masih bisa menyantap makanan atau minuman yang sifatnya panas atau dingin, berarti kesehatannya masih bagus. Kalau sudah tidak seimbang tubuhnya, contohnya sudah lebih memilih salah satu rasa baik panas atau dingin saja, atau tidak kedua-duanya, suatu pertanda kalau di dalam tubuhnya ada yang sakit.

Secara alamiah dan mengikuti hukum alam, sinyal alamiah tubuh ini juga akan terganggu fungsinya karena disebabkan umur. Di usia lanjut manusia tidak bisa tahu apa kebutuhan tubuhnya sendiri. Karena di masa ini organ tubuh sudah mulai berkurang fungsionalnya. Ditandai dengan mau makan apa saja terasa tidak enak. Keinginannya tidak jelas. Kondisi ini akan datang saat wanita berumur 49 tahun atau ketika mengalami menopause. Sedangkan pada pria diperkirakan ketika berumur 64 tahun.

<b>Hidup mengikuti pola perjalanan chi</b>

Mumpung belum berumur lanjut, untuk menjadi sehat selain mengonsumsi makanan dengan prinsip<i> yin</i> dan <i>yang</i>, ada baiknya didukung pula dengan pola hidup yang mengikuti pola perjalanan chi atau pola meridian tubuh.

Pola meridian pada tubuh manusia (zi wu liu zhu) sejak dulu digunakan oleh para ahli pengobatan China sebagai titik-titik akupuntur. Pada titik-titik meridian terdapat berbagai aliran chi. Ada chi yang berputar, chi yang berjalan di dalam pembuluh darah (nutri chi) dan ada yang di luar pembuluh darah (pelindung chi). Fungsi ketiga chi ini sama, yaitu sebagai daya tahan tubuh dari serangan kuman. Perjalanan chi di dalam pembuluh darah dan pelindung chi yang berada di luar pembuluh darah arahnya saling berlawanan. Berdasarkan pola perjalanan chi itu, William menawarkan pola hidup yang selaras dan seimbang. Sesibuk apapun kita, sebaiknya sebelum jam 23.00 sudah beranjak tidur. Jika dipaksakan bekerja malah akan merusak fungsi hati.

Berikut ini pola hidup yang mengikuti perjalanan chi:

<b>Pagi menjelang sore </b>
Pukul 07.00-09.00
Lambung sedang bekerja optimal. Jangan lewatkan makan pagi untuk proses pembentukan energi sepanjang hari. Minum jus saat perut kosong akan mudah diserap tubuh. Selaput jantung pada jam ini sedang bekerja secara minimal.

Pukul 09.00-11.00
Limpa sedang bekerja maksimal. Ia menyalurkan cairan nutrisi ke seluruh tubuh untuk energi pertumbuhan. Jika saat ini terasa mengantuk berarti fungsi limpa Anda sedang lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak dan protein hewani. Pada organ tiga pemanas (san ciau) sedang bekerja minimal

Pukul 11.00-13.00
Jantung sedang bekerja maksimal. Sebaiknya gunakan waktu untuk beristirahat, hindari panas, olah fisik yang berat dan kegiatan yang menimbulkan emosi. Terutama bagi mereka yang mengalami gangguan pembuluh darah. Kandung empedu pada waktu ini sedang bekerja minimal

Pukul 13.00-15.00
Hati sedang bekerja minimal. Saat ini darah merah berkumpul di hati. Dan terjadi proses regenerasi sel hati. Bila fungsi hati kuat, tubuh kuat menangkal penyakit. Usus kecil sedang bekerja maksimal pada jam ini. Waktu yang tepat untuk makan siang.

Pukul 15.00-17.00
Fungsi paru-paru sedang bekerja minimal. Tubuh butuh istirahat untuk pembuangan racun dan pembentukan energi paru-paru. Pada jam ini kantong kemih justru sedang bekerja maksimal.

<b>Malam menjelang pagi</b>
Pukul 17.00- 19.00
Ginjal sedang bekerja maksimal. Jam ini baik untuk belajar karena sedang terjadi proses pertumbuhan otak dan kecerdasan serta pembentukan sumsum tulang. Organ usus besar sedang bekerja minimal.

Pukul 19.00-21.00
Lambung bekerja minimal. Hindari konsumsi makanan yang sulit dicerna. Atau berhenti makan sama sekali. Pada jam ini selaput jantung bekerja maksimal.

Pukul 21.00-23.00
Limpa sedang bekerja minimal karena terjadi proses pembuangan racun dan regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil dengar musik menenangkan jiwa. Untuk meningkatkan imunitas tubuh. organ tiga pemanas (san ciau) sedang bekerja maksimal.

Pukul 23.00-01.00
Jantung bekerja minimal. Sebaiknya tidur. Begadang akan melemahkan fungsi jantung. Kantung empedu sedang bekerja maksimal.

Pukul 01.00-03.00
Hati bekerja maksimal. Terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. jika ada luka dalam akan terasa sakit. Jam ini usus kecil bekerja minimal.

Pukul 03.00-05.00
Paru-paru bekerja maksimal karena terjadi proses pembuangan racun. Bila fungsi paru-paru terganggu akan memicu batuk dan bersin-bersin. Lakukan olah nafas. Kandung kemih sedang bekerja minimal.

Pukul 05.00-07.00
Usus besar bekerja maksimal. Biasakan buang air besar teratur.
Ginjal sedang bekerja minimal.

<b>inbok</b>

<b>Keturunan, lingkungan dan kebiasaan</b>

Sifat tubuh manusia baik itu <i>yin</i> atau <i>yang</i> dipengaruhi oleh faktor keturunan, lingkungan dan kebiasaan.

  1. Sifat tubuh karena faktor keturunan. Misalnya ketika hamil, sang ibu lebih suka makanan yang pedas, nantinya anak dalam kandungannya lebih suka makanan yang dingin. Ini terjadi karena perlu adanya keseimbangan yin dan yang.
  2. Sifat tubuh yang dipengaruhi lingkungan contohnya, hampir kebanyakan orang Indonesia lebih suka ke tempat-tempat yang dingin. Ini karena hawa lingkungan sekitarnya panas.
  3. Sifat tubuh yang dipengaruhi oleh kebiasaan. Sifat tubuh seseorang bisa berubah karena kebiasaan. Misalnya seseorang yang tadinya sifat tubuhnya panas bisa menjadi dingin karena terlalu banyak mengonsumsi sayur. Lama kelamaan lambungnya akan bersifat dingin.
  4. Supaya seimbang yin dan yang, makanlah kombinasi antara panas dan dingin. Kalau bisa bersuhu hangat sesuai dengan suhu tubuh normal. Sesekali ingin panas dan dingin, tidak apa-apa. Ikuti saja kemauan tubuh, Anda.








No comments: